Book

Spirit Budaya dan Politik Korea


Ketika Korea (selatan) tampil sebagai salah satu negara maju di Asia - hingga mendapat julukan Macan Asia - para pengamat ekonomi dunia menyebutnya sebagai "keajaiban Sungai Han." Metafora itu tentu tidak berlebihan. Bagaimana dalam waktu singkat Korea dapat membenahi perekonomian negaranya, sehingga keajaibannya dijadikan bahan studi para pakar ekonomi dunia?



Luas Korea kurang lebih sebesar Pulau Jawa. Musim dingin dan musim panasnya kerap sangat ekstreme. Sumber daya alamnya tak melimpah. Lalu, bagaimana bangsa itu menyulap segalanya jadi negeri impian? Disinilah spirit, passion, dan sikap budaya sebuah bangsa memainkan peran penting. Filosofi konfusianisme, goon-sa-buil-che yang menjadi kebijakan pendidikan selama masa kerajaan Joseon, menempatkan posisi guru sama dengan posisi raja dan orang tua. Dalam setiap kesempatan, Presiden mengingatkan, "kegiatan pendidikan hidup, semua bidang kenegaraan akan ikut bangkit dan bergerak maju menuju masa depan lebih baik."



Selain kesadaran pentingnya pendidikan, bangsa Korea juga sangat mencintai negerinya. Mereka ingin negerinya mandiri, bebas dari ketergantungan bangsa lain.



Tentu saja segala tak berjalan lempang, tidak menjelma seketika. Ada proses panjang penuh intrik, persaingan, pertumpahan darah, kesengsaraan, pengorbanan, kepercayaan, dan harga diri sebagai bangsa. 



Buku ini coba menyajikan perjalanan bangsa Korea secara lengkap. Maka, pembaca akan menelusuri liku sejarah, filsafat, dan budaya korea sebagai filosofi dan sikap hidup; politik dan sistem pemerintahan yang penuh persaingan, klik, dan kepentingan; serta politik luar negeri, ekonomi dan pendidikan yang mengangkat budaya pop dan kuliner sebagai bagian dari diplomasi.



Materi buku ini berasal dari serangkaian kuliah Prof. Yang Seung-Yoon di berbagai Universitas di Korea, Indonesia, dan Negara lainnya. Setelah ditambah disana-sini, disajikan dalam bentuk teks yang padat dan mengalir. Maka, Pembaca akan memperoleh panorama sebuah bangsa yang bernama Krea Selatan.


Pengarang: Yang Seung-Yoon
Tahun: 2016
Penerbit: Kosa Kata Kita
Bahasa: Indonesia
Halaman: 324
No Buku: KR103.002