News

1st Korean Festival and 4th Korean Day : Wonderful Korea


Wakil Rektor Bidang Riset, Kemitraan, dan Usaha, Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A., memberi sambutan sekaligus membuka acara 1st Korean Festival 2019 dan 4th Korean Day: Wonderful Korea. Penyampaian laporan kegiatan oleh Project Director Didin Samsudin, M.M., dibantu oleh Ketua Pelaksana Korean Festival 2019, Hendra Tirta Pabiona Rochaizad .  Acara ini dipandu oleh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Korea, ibu Velayeti Nurfitriana Ansas, M.Pd., dan ibu Rifni Nurrahmi M.M.

Korean Festival merupakan program tahunan yang mempertunjukan dan mempromosikan kebudayaan Korea dengan cara yang positif dan mendidik untuk memperingati Hari Abjad Korea (Hangeul Day/ 한글날) yang jatuh tepat pada tanggal 9 Oktober.  Prodi Pendidikan Bahasa Korea yang merupakan penyelenggara utama acara ini dibantu dan didukung penuh oleh  The Academy of Korean Studies (AKS) nomor: AKS-2019-E08 (19E08). Gelaran yang berlangsung meriah ini dilaksanakan pada hari Rabu (9/10/2019) di Gedung Amphiteater UPI.




        




Selain menyajikan hiburan, Korean Festival tahun ini menyelenggarakan pula pre-event berupa lomba Story Telling dan Parodi Iklan yang dilakukan secara online melalui instagram resmi @koreanfestivalupi. Adapun yang terpilih menjadi juara adalah sebagai berikut:

Juara 1 lomba Parodi Iklan kategori Umum oleh Tim Kentank (UPN Veteran Jakarta)

Juara 2 lomba Parodi iklan kategori Umum oleh Tim Marimba (SMKN 1 Bandung)

Juara 1 lomba Story Telling kategori SMA oleh Tim Ruwada 5 (SMAT RIYADLUL ULUM TASIK)

Juara 2 lomba Story Telling kategori SMA oleh Tim Ruwada 6 (SMAT RIYADLUL ULUM TASIK)

Juara 1 lomba Story Telling kategori Umum oleh Nurnaila Nikmah

Juara 2 lomba Story Telling kategori Umum oleh Tim Ruwada 1 (SMAT RIYADLUL ULUM TASIK)




     


Acara Korean Festival menawarkan beragam acara yang dapat dinikmati oleh seluruh penggemar kebudayaan Korea secara cuma-cuma. Ada tiga kategori yang disuguhkan dalam kegiatan ini,  antara lain K-Exhibition, K-Talk Show, dan K-Performance. 


K-Exhibition dibuat menjadi tiga stand yang terdiri dari: pameran pakaian tradisional Korea (Hanbok) yang disewakan untuk berswafoto di photo booth, pameran permainan tradisional, dan pameran makanan khas Korea yang bisa dinikmati oleh para pengunjung secara gratis.

K-Talk Show sesi pertama mengangkat tema “Perbedaan Budaya Korea dan Indonesia” yang menghadirkan  tiga narasumber, yaitu : Ji seon Min, mahasiswa asal Korea yang tinggal di Indonesia, dan dua narasumber yang juga merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Korea angkatan 2015, Chetiza Aninditha Giani dan Nadhifah Salsabila yang berbagi pengalamannya  ketika tinggal di Korea. Setelah itu, talk show sesi kedua menampilkan Ibu Lee Jeoun Soon yang berbagi keahlian di bidang makanan tradisional khas Korea “Kimchi” 




K-Performance menampilkan tarian tradisional Korea “Buchaechum” dan tarian modern Korea (Dance Cover). Dalam sesi ini, turut pula dimeriahkan oleh sejumlah bintang tamu, diantaranya : Harmonia, Amarillys, Got Freaky, Baby Monster, Moksori, Lisenda, Flame, Coming Soon dan  bintang tamu utama, Juicy Luicy.

Korean Festival 2019 berhasil menarik massa sekitar 500 orang dengan pengunjung dari berbagai jurusan yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia maupun pengunjung dari luar UPI. Lewat acara ini diharapkan para penonton dapat makin mengenal kebudayaan Korea lebih luas lagi.(nie/ “pbk”)