News

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Korea Menjuarai Kontes Esai Tingkat Nasional “Apresiasi Antologi Puisi Karya Yun Dong Ju” Tahun 2019


Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung Pusat Kajian Studi Korea FPBS UPI yang didukung oleh The Literature Translation Institute of Korea (LTI)  menyelenggarakan kontes menulis esai tingkat nasional yang bertajuk “Apresiasi Antologi Puisi Karya Yun Dong Ju”. Kontes esai seluruhnya didanai oleh The Literature Translation Institute of Korea (LTI) yang diikuti oleh sekitar 138 peserta dengan beragam latar belakang.

Kontes ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan, terhitung dari pengumuman kontes pada 1 Mei 2019, dilanjutkan dengan pendaftaran, pengiriman esai, penilaian oleh dewan juri, pengumuman pemenang, dan penganugerahan pemenang pada Kamis, 25 Juli 2019. Tahap penjurian terdiri dari dua tahap. Pada tahap pertama, dewan juri yang terdiri dari Ibu Risa Triarisanti, M.Pd. dan Ibu Velayeti Nurfitriana Ansas, M.Pd menyeleksi sekitar 84 esai yang terkumpul menjadi 10 esai terbaik untuk kemudian dilanjutkan pada penjurian tahap kedua.

Tahap kedua merupakan tahap terakhir dalam proses penjurian yang dinilai oleh Ibu Nenden Lilis Aisyah M.Pd dan Prof. Shin Young Duk, penilaian berlangsung cukup ketat untuk memilih  3 esai terbaik. Setelah 3 minggu dari masa penjurian, tiga pemenang kontes esai diumumkan melalui website www.ksrc-upi.com / korea.upi.edu



 Dari kiri, Didin Samsudin M.M., Prof. Dr. Syihabuddin, Nining Setyaningsih dari UGM (ketiga dari kiri), Lia Amelia Nurkhazanah (UPI) , Sifa Ranti Sudarman (UNSIKA), Prof. Shin Young Duk, Nenden Lilis Aisyah M.Pd, Velayeti Nurfitriana Ansas, M.Pd, dan Risa Triarisanti, M.Pd.



Dari hasil penilaian para dewan juri didapatkan 3 juara kontes esai, yaitu Nining Setyaningsih (UGM) sebagai juara 1 dengan perolehan nilai 382  , Lia Amelia Nurkhazanah (1600613)  juara 2 dengan nilai 381 yang merupakan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Korea FPBS UPI Angkatan 2016, Sifa Ranti Sudarman (UNSIKA) juara ketiga dengan nilai 375,5. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa Samsung Tab A8 S pen (Juara 1), Samsung Tab A8 (Juara 2), dan Samsung A10 (Juara 3).

Pemberian sertifikat dan hadiah bagi para juara diberikan langsung oleh Prod. Dr. Syihabuddin selaku Dekan FPBS UPI didampingi oleh Prof. Shin Young Duk selaku Ketua dewan juri, dan Didin Samsudin, M.M. selaku Kepala Pusat Kajian Studi Korea.



Pemenang pertama lomba menulis esai “Utopia dalam sajak-sajak Puisi: Sebuah Tilikan melalui ‘Antologi Langit, Angin, Bintang, dan Puisi’ Karya Yun Dong Ju” Nining Setyaningsih (UGM)  saat menerima penghargaan dari Dekan FPBS UPI di Bandung  (25/7).



Penganugerahan pemenang kontes esai ini diselenggarakan pada Kamis, 25 Juli 2019 di Auditorium FPBS UPI. Acara yang dihadiri oleh seluruh peserta kontes esai dan tamu undangan ini berlangsung meriah.

Acara penganugerahan ditutup dengan penampilan dari Chetiza Aninditha G (1507010) dan Virland Brilian T (1606743) sebagai perwakilan dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Korea yang membawakan puisi karya Yun Dong Ju yang berjudul “Mukadimah” dan “Pada Malam Saat Aku Menghitung Bintang”

 



Virland Brilian Tumangkeng dan Chetiza Aninditha Giani saat membacakan Puisi Karya Yun Dong Ju.





 Dekan FPBS UPI ketika memberikan sambutan Kontes Esai “Apresiasi Antologi Puisi Karya Yun Dong Ju”

Dalam sambutannya, Dekan FPBS UPI, Prof. Syihabuddin, memandang antusiasme yang tinggi dalam kontes esai ini sebagai kabar baik. Melihat jumlah yang cukup banyak itu, maka tujuan umum dari kegiatan ini sudah terpenuhi. Tidak menutup kemungkinan untuk diadakannya kembali di tahun-tahun berikutnya sebagai bentuk apresiasi terhadap sastra.(Nie/“pbk”)