News

Prodi Pendidikan Bahasa Korea FPBS UPI Gelar Konferensi Korean Studies: Education, Language, and Literature Conference 2019


Prodi Pendidikan Bahasa Korea FPBS UPI dan Pusat Kajian Studi Korea (Korean Studies Research Center/KSRC) FPBS UPI sukses menggelar Konferensi Akademik bertajuk Korean studies : Language, Literature, and Culture Conference 2019 bertempat di Hemangini Hotel (23/08/2019). Acara ini dapat terselenggara dengan baik berkat bantuan serta dukungan dari The Academy of Korean Studies (AKS)  dan kerja sama dengan  Asosiasi Pengajar Bahasa Korea se-Indonesia (AJARI). Konferensi ini merupakan salah satu kegiatan proyek dari AKS tahun anggaran penelitian ketiga, nomor: AKS-2017-INC-2230003.


 




 


Acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Kemitraan, dan Usaha UPI, Prof. Dr. H. Didi Sukyadi, M.A., yang juga selaku penggagas berdirinya Prodi Pendidikan Bahasa Korea FPBS UPI.

Konferensi ini menghadirkan tiga narasumber dari Universitas yang berbeda di Indonesia yaitu:


1. Asma Azizah, M.A (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung) dengan judul “Research on suffix –ki and –kae preference with analogy perspective”.  


2. Febriani Elfida Trihtarani, M.A (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta) dengan judul “Zainichi dan Pachinko: Masalah Krisis Identitas Masyarakat Korea di Jepang yang tercermin dalam novel Pachinko Karya Min Jin Lee”.


3. Annisa Luthfiarrahman, M.A (Universitas Indonesia, Depok) dengan judul “Hallyu Influence on the Use Of Korean Language by Indonesian K-Pop Fans”. 


Acara inti pun terlaksana dengan menampilkan tiga (3) narasumber tersebut diatas dan yang bertindak selaku moderator adalah Didin Samsudin, M.M. (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung). 


 




 


Dari sebelah kiri Prof. Shin Young Duk, Asma Azizah, M.A. (UPI),  Febriani Elfida Trihtarani, M.A. (UGM), Annisa Luthfiarrahman, M.A. (UI),  Prof. Didi Sukyadi (UPI), dan Didin Samsudin, M.M. (UPI)

Prof.Shin Young Duk selaku Project Director: Seed Program for Korean Studies berharap konferensi akademik ini dapat mengembangkan penelitian dalam kajian humaniora. Beliau mengapresiasi partisipasi semua pihak yang hadir dalam kegiatan ini. Begitu pula dengan Prof Didi Sukyadi yang menyambut baik konferensi ini. UPI sangat mendorong penelitian, publikasi, dan inovasi. Prestasi Prodi Pendidikan Bahasa Korea cukup bagus, hal ini terlihat dari aktifitas positif yang dilakukan baik dari segi akademik dan non akademik, paparnya.

Konferensi akademik ini melibatkan 50 partisipan yang terdiri dari para mahasiswa, ahli, akademisi, dan profesional pada berbagai bidang keilmuwan yang mendiskusikan perkembangan terbaru dalam pendidikan dan penelitian.  Acara akademik ini juga diharapkan menjadi sarana untuk memperluas jaringan dan berkolaborasi dengan para peneliti lain dari berbagai disiplin ilmu untuk memperkaya budaya penelitian. (nie/ “pbk”)