News

Pusat Kajian Studi Korea FPBS UPI Menyelenggarakan Lokakarya Akademik How to Study in Korea


Pada hari Rabu, 18 September 2019, Pusat Kajian Studi Korea FPBS UPI bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Korea menyelenggarakan lokakarya akademik dengan tema How to Study in Korea. Acara bertempat di Auditorium FPBS UPI dan diikuti oleh sekitar 350 peserta yang terdiri dari dosen dan seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Korea FPBS UPI. Lokakarya ini terselenggara berkat bantuan serta dukungan  dari The Academy of Korean Studies (AKS) yang termasuk dalam salah satu kegiatan proyek dari AKS tahun anggaran penelitian ketiga, nomor: AKS-2017-INC-2230003.

Acara dibuka dengan sambutan dan laporan kegiatan oleh Didin Samsudin, M.M. , Beliau mengapresiasi kegiatan ini karena pengalaman narasumber yang dibagikan dapat bermanfaat bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa dan melanjutkan studi ke Korea Selatan.




Acara lokakarya akademik ini juga dihadiri oleh Dekan FPBS UPI, Prof. Dr. Syihabuddin, M.Pd. Dalam sambutannya Dekan FPBS UPI menyampaikan bahwa ada lima cara untuk belajar (ways to know) yaitu (1) sensory experience, belajar melalui panca indera; (2) Expert Experience,  bertanya pengetahuan kepada yang ahli; (3) Agreement with others,  konferensi, lokakarya, dan seminar untuk memperoleh kesepakatan/diskusi dalam pengetahuan; (4) Logic,  berpikir menggunakan logika/nalar; (5) Scientific Method, berpikir secara ilmiah. Dengan lima cara ini kita menjadi manusia yang memiliki penngetahuan dan terdidik. 




Acara dilanjutkan dengan presentasi yang dipaparkan oleh Nadhifah Salsabila (Surviving in Korea), Chetiza Aninditha Giani (Studying in Korea), dan Asma Azizah, M.A., (Postgraduate Study in Korea) selaku narasumber. Sementara itu,  Didin Samsudin, M.M. bertindak sebagai moderator.




Materi yang dipaparkan dalam lokakarya ini meliputi; pengetahuan seputar budaya Korea, cara belajar, bertahan hidup, serta beasiswa-beasiswa yang dapat diperoleh dari berbagai universitas di Korea. Disamping itu, pada kegiatan ini pun mahasiswa disiapkan untuk mengikuti acara Edu Fair yang selalu digelar setiap tahun di Jakarta. Untuk tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 9-10 Nopember 2019 di JCC yang diikuti oleh sekitar 50 lebih universitas top di Korea Selatan.




Lokakarya Akademik ini bertujuan untuk  membekali mahasiswa  dengan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan sehingga mereka mampu meniti karier akademiknya baik di dalam maupun luar negeri, khususnya di Korea Selatan.(nie/ “pbk”)